Awalnya Tanpa Lubang, Simak Asal-usul Donat

Awalnya Tanpa Lubang, Simak Asal-usul Donat. Camilan manis bentuknya bulat, empuk dan ada lubang di tengahnya semua langsung bisa menerka camilan itu bernama donat.  Donat adalah camilan yang akrab di keseharian kita. Mudah didapatkan. Tekturnya yang lembut ditambah aneka toping yang membuat donat disukai dari anak balita hingga aki-nini. Dari kota sampai pelosok mengenalnya.

Awalnya Tanpa Lubang, Simak Asal-usul Donat

Tapi tahukah Anda, donat dari mana asalnya?

Orang mengira bahwa donat ini berasal dari Amerika Serikat, ternyata catatan sejarah menyatakan donat berasal dari Belanda. Donat muncul pada awal abad ke-19 dengan nama olykoeks atau oil cake yang berarti kue minyak. Donat awal ini hanyalah bola kue yang digoreng dengan lemak babi hingga berwarna cokelat keemasan. Pada bagian tengah kue yang lebih lama matang dibanding bagian luarnya, sering diisi dengan buah, kacang atau isian lain yang tidak perlu dimasak. Kismis adalah paduan yang sering digunakan sebagai isian.

Pembuatan olykoeks kian diminati setelah banyaknya para imigran Belanda yang menetap di Amerika Serikat membuat kudapan ini terus berkembang dan mengalami perubahan. Ditambah kemudian dipengaruhi oleh budaya lain dan terus bermetamorfosis menjadi donat yang kita kenal saat ini.

Awalnya Tanpa Lubang, Simak Asal-usul Donat
gambar ; www.buzzfeed.com

Tahun 1847, adalah Hansen Gregory, seorang kapten kapal Amerika yang membuat solusi permasalahan donat yang ada saat itu dimana bagian tengah masih mentah dengan cara melubangi di tengah pada adonan sebelum digoreng. Hansen Gregory terinspirasi dari kemudi kapal. Jadilah bentuk donat klasik dengan lubang di tengah.

Baca juga : Terasi Udang Rebon Candu Penggemar Sambal

Kata donut berasal doughnut yang disingkat. Kata ini dipublikasikan tahun 1809 oleh Washington Irving. Dan donat kian menjadi makanan hit ketika tahun 1920 imigran kelahiran Rusia Adolph Levitt menciptakan mesin donat otomatis pertama. Mesin pembuatan donat yang futuristik saat itu dipamerkan dalam ajang World’s Fair di Chicago tahun 1934. Semenjak itu donat menjadi menu sarapan favorit orang Amerika. Awalnya Tanpa Lubang, Simak Asal-usul Donat.

Oleh: Bajas

Sumber: www.yukmakan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *